Open top menu
Thursday, 27 March 2014




Discourse Definition – meaning of discourse

Banyak dari kita yang masih bingung ataupun merasa asing dengan apa yang disebut “discourse”. Sebenarnya hal-hal yang terkait tentang discourse sudah diajarkan di SMA, SMP bahkan sejak kita masih SD. Namun sebutan discourse inilah yang jarang kita dengar.

discourse definition
Kata discourse berasal dari bahasa Latin yaitu “discursus” kata ini mengacu pada kata percakapan (conversation) atau speech. Dapat juga kita artikan discourse adalah suatu perluasan terhadap bahasa (terutama dalam lisan) yang lebih luas dari kalimat, atau merupakan sebuah unit koheren seperti, argumen, atau narasi.

Menurut Zellig Harris seorang ahli bahasa modern yang mempelajari tentang kaitan antar kalimat yang disebut dengan istilah discourse ini. Hal inilah yang mamicu munculnya istilah analisa discourse (discourse analysis).

Discourse analysis merupakan suatu turunan dari linguistics terapan. Discourse analysis berkaitan dengan bentuk evaluasi terhadap teks ataupun wacana untuk menentukan bentuk atau pola komunikasi maupun hal-hal lain yang terkait yang tidak dapat dijelaskan dalam tata bahasa (Carter, 1993:23).

Pengertian lain tentang discourse analysis adalah bahwa discourse analysis merupkan suatu bentuk study yang meneliti dan menganalisis suatu bahasa, baik lisan maupun tertulis.
Discourse sebenarnya merupakan perpaduan antara text dan context. Dengan kata lain, suatu text akan dapat disebut sebagai sebuah discourse kalau ada context.


Kategori Artikel
Newer Post
This is the last post.

0 comments