Skip to main content

Perbedaan Kurikulum 2013 dan KTSP - CBC

Perbedaan Kurikulum 2013 dan KTSP - CBC

Pada tanggal 15 Juli 2013, secara resmi Kurikulum 2013 dipublikasikan oleh pemerintah Indonesia. Namun penerapannya masih terbatas pada sekolah-sekolah tertentu di Indonesia. 

kurikulum (curriculum) vs KTSP (CBC)Kurikulum 2013 merupakan sebuah kebijakan terbaru dari Kementerian pendidikan dalam usahanya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pengganti dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diberlakukan pada tahun ajaran 2007/2008 hingga tahun ajaran 2012/2013. 

Berbicara tentang perbedaan antara Kurikulum 2013 dan KTSP, perbedaan yang paling menonjol adalah dalam KTSP, kegiatan mengenai pengembangan silabus merupakan kewenangan dari satuan pendidikan, sedangkan dalam kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus adalah kewenangan pemerintah, namun terdapat pengecualian untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus diberlakukan di satuan pendidikan tertentu.  


Untuk lebih jelas , di bawah ini adalah perbedaan antara Kurikulum 2013 dengan KTSP
NO
KURIKULUM 2013
KTSP
1
Pramuka menjadi ekstrakuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa.
Pramuka merupakan ekstrakurikuler yang tidak wajib diikuti.
2
Pemilihan jurusan dimulai dari kelas X (SMA/MA).
Pemilihan jurusan dimulai dari kelas XI.
3
Jumlah jam pelajaran per minggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP
Jumlah jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding Kurikulum 2013
4
Untuk Bimbingan dan Konseling (BK) lebih mengutamakan pengembangan potensi  dari siswa.
Bimbingan dan Konseling (BK) lebih menekankan pada masalah siswa.
5
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bukan lagi sebagai mata pelajaran, namun melainkan sebagai media pembelajaran.
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan mata pelajaran di sekolah.
6
Penilaian terhadap siswa menggunakan penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terpadu.
aspek pengetahuan merupakan bagian yang paling penting dalam proses penilaian.


Tabel di atas adalah beberapa perbedaan antara Kurikulum 2013 Dengan KTSP. 

Sedangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (CBC) adalah kurikulum tahun 2004 yang mengedepankan pada kompetensi siswa di sekolah, dalam kurikulum ini siswa bukan lagi sebagai "objek" dari para guru, melainkan siswa adaalah subjek. Ini berarti dalam proses belajar siswa tidak lagi hanya diberi materi/pengetahuan oleh guru, tetapi juga siswalah yang aktif dalam proses belajar.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan menjadi tulisan yang bermanfaat bagi kita semua. Aamiin. 

Comments

Popular posts from this blog

Discourse (Apa itu discourse)

Discourse Definition – meaning of discourse Banyak dari kita yang masih bingung ataupun merasa asing dengan apa yang disebut “discourse” . Sebenarnya hal-hal yang terkait tentang discourse sudah diajarkan di SMA, SMP bahkan sejak kita masih SD. Namun sebutan discourse inilah yang jarang kita dengar. Kata discourse berasal dari bahasa Latin yaitu “discursus” kata ini mengacu pada kata percakapan (conversation) atau speech. Dapat juga kita artikan discourse adalah suatu perluasan terhadap bahasa (terutama dalam lisan) yang lebih luas dari kalimat, atau merupakan sebuah unit koheren seperti, argumen, atau narasi. Menurut Zellig Harris seorang ahli bahasa modern yang mempelajari tentang kaitan antar kalimat yang disebut dengan istilah discourse ini. Hal inilah yang mamicu munculnya istilah analisa discourse (discourse analysis). Discourse analysis merupakan suatu turunan dari linguistics terapan. Discourse analysis berkaitan dengan bentuk evaluasi terhadap teks

English Teaching Medias (Media pembelajaran bahasa Inggris) SD, SMP, dan SMA/MA/SMK

English Teaching Medias (Media pembelajaran bahasa Inggris) SD, SMP, dan SMA/MA/SMK ELC - Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit mengenai media pembelajaran dalam bahasa Inggris. Dewasa ini bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang paling banyak diminati di kalangan pelajar, namun seringkali dalam proses pembelajarannya terdapat banyak sekali kekurangan yang boleh dikatakan sanyat signifikan. Hal ini terkait dengan bagaimana seorang guru dalam mengajar siswa-siswanya. Oleh karenanya, diperlukan   suatu perubahan oleh guru dalam proses pembelajaran. Sebagai contoh yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Berikut adalah beberapa media yang dapat digunakan untuk SD, SMP, SMA.

Contoh Rubrik Penilaian dalam Writing Bahasa Inggris

Contoh Rubrik Penilaian dalam Writing Bahasa Inggris Berikut adalah contoh rubrik penilaian dalam menilai tulisan atau writing dalam bahasa Inggris untuk mahasiswa: Rubrik Penilaian Writing Bahasa Inggris Kriteria Penilaian: Konten (Content): a. Kepahaman Topik (Understanding of the Topic): Sejauh mana tulisan tersebut memahami topik yang dibahas dan mampu menyampaikan informasi yang relevan dan akurat. b. Pengembangan Ide (Idea Development): Sejauh mana tulisan tersebut mengembangkan ide-ide secara jelas dan terorganisir, termasuk penggunaan contoh, bukti, dan penjelasan yang mendukung. Struktur (Organization): a. Pendahuluan (Introduction): Sejauh mana tulisan memiliki pendahuluan yang efektif dan memperkenalkan topik dengan jelas. b. Isi (Body): Sejauh mana tulisan memiliki alinea yang terorganisir dengan baik, setiap alinea memiliki ide utama yang jelas, dan adanya transisi yang halus antaralinea. c. Kesimpulan (Conclusion): Sejauh mana tulisan memiliki kesimpulan yang kuat dan men