Skip to main content

Contoh Rubrik Penilaian dalam Writing Bahasa Inggris

Contoh Rubrik Penilaian dalam Writing Bahasa Inggris


Berikut adalah contoh rubrik penilaian dalam menilai tulisan atau writing dalam bahasa Inggris untuk mahasiswa:

Rubrik Penilaian Writing Bahasa Inggris

Kriteria Penilaian:

  1. Konten (Content): a. Kepahaman Topik (Understanding of the Topic): Sejauh mana tulisan tersebut memahami topik yang dibahas dan mampu menyampaikan informasi yang relevan dan akurat. b. Pengembangan Ide (Idea Development): Sejauh mana tulisan tersebut mengembangkan ide-ide secara jelas dan terorganisir, termasuk penggunaan contoh, bukti, dan penjelasan yang mendukung.

  2. Struktur (Organization): a. Pendahuluan (Introduction): Sejauh mana tulisan memiliki pendahuluan yang efektif dan memperkenalkan topik dengan jelas. b. Isi (Body): Sejauh mana tulisan memiliki alinea yang terorganisir dengan baik, setiap alinea memiliki ide utama yang jelas, dan adanya transisi yang halus antaralinea. c. Kesimpulan (Conclusion): Sejauh mana tulisan memiliki kesimpulan yang kuat dan mengulang poin-poin penting dengan jelas.

  3. Bahasa (Language): a. Kekuatan Tata Bahasa (Grammar Accuracy): Sejauh mana tulisan menggunakan tata bahasa yang benar, termasuk penggunaan tenses, bentuk kata, dan struktur kalimat yang tepat. b. Kekuatan Kosakata (Vocabulary): Sejauh mana tulisan menggunakan kosakata yang tepat dan bervariasi, serta penggunaan frasa dan idiom yang relevan. c. Kekuatan Ejaan (Spelling): Sejauh mana tulisan memiliki ejaan yang benar dan bebas dari kesalahan ejaan yang umum.

  4. Gaya dan Kekuatan Argumentasi (Style and Argumentation): a. Kelancaran Penulisan (Writing Fluency): Sejauh mana tulisan memiliki aliran yang lancar dan mudah dibaca, termasuk penggunaan kata penghubung dan kata transisi yang tepat. b. Keberagaman Gaya Penulisan (Writing Style Variety): Sejauh mana tulisan menggunakan variasi gaya penulisan, seperti kalimat pendek dan panjang, penggunaan gaya aktif dan pasif, dll. c. Kekuatan Argumentasi (Argumentation Strength): Sejauh mana tulisan mampu mengemukakan argumen yang kuat, menggunakan bukti dan penalaran yang meyakinkan.

Skala Penilaian:

  • Sangat Baik: 4
  • Baik: 3
  • Cukup: 2
  • Kurang: 1

Contoh Penilaian: Konten: 3 Struktur: 2 Bahasa: 3 Gaya dan Kekuatan Argumentasi: 4

Total: 12/16

Catatan Penilaian: Tulisan ini memiliki konten yang solid dan mengembangkan ide dengan baik. Namun, struktur tulisan perlu lebih diperhatikan, terutama dalam pengaturan alinea dan transisi antaralinea. Penggunaan bahasa dan kosakata sudah cukup baik, tetapi ada beberapa kesalahan tata bahasa yang harus diperbaiki. Gaya penulisan dan kekuatan argumentasi tulisan ini sangat kuat.

Rubrik penilaian ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penilaian tertentu. Penting untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada mahasiswa berdasarkan rubrik ini untuk membantu mereka memperbaiki keterampilan menulis mereka dalam bahasa Inggris.


Comments

Popular posts from this blog

Discourse (Apa itu discourse)

Discourse Definition – meaning of discourse Banyak dari kita yang masih bingung ataupun merasa asing dengan apa yang disebut “discourse” . Sebenarnya hal-hal yang terkait tentang discourse sudah diajarkan di SMA, SMP bahkan sejak kita masih SD. Namun sebutan discourse inilah yang jarang kita dengar. Kata discourse berasal dari bahasa Latin yaitu “discursus” kata ini mengacu pada kata percakapan (conversation) atau speech. Dapat juga kita artikan discourse adalah suatu perluasan terhadap bahasa (terutama dalam lisan) yang lebih luas dari kalimat, atau merupakan sebuah unit koheren seperti, argumen, atau narasi. Menurut Zellig Harris seorang ahli bahasa modern yang mempelajari tentang kaitan antar kalimat yang disebut dengan istilah discourse ini. Hal inilah yang mamicu munculnya istilah analisa discourse (discourse analysis). Discourse analysis merupakan suatu turunan dari linguistics terapan. Discourse analysis berkaitan dengan bentuk evaluasi terhadap teks

English Teaching Medias (Media pembelajaran bahasa Inggris) SD, SMP, dan SMA/MA/SMK

English Teaching Medias (Media pembelajaran bahasa Inggris) SD, SMP, dan SMA/MA/SMK ELC - Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas sedikit mengenai media pembelajaran dalam bahasa Inggris. Dewasa ini bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang paling banyak diminati di kalangan pelajar, namun seringkali dalam proses pembelajarannya terdapat banyak sekali kekurangan yang boleh dikatakan sanyat signifikan. Hal ini terkait dengan bagaimana seorang guru dalam mengajar siswa-siswanya. Oleh karenanya, diperlukan   suatu perubahan oleh guru dalam proses pembelajaran. Sebagai contoh yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Berikut adalah beberapa media yang dapat digunakan untuk SD, SMP, SMA.