Open top menu
Saturday, 31 May 2014



English Learning-Center 
Dalam sebuah proses pembelajaran, tentunya tidak terlepas dari berbagai aspek pendukung dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran juga tidak terlepas dari metode-metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut. 
Untuk menjadikan sebuah proses belajar yagn baik dan efisien, tentunya diperlukan metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Berikut adalah beberapa metode pembelajaran yang serring digunakan dalam belajar bahasa Inggris.



           a.      Grammar translation method
Metode ini merupakan metode yang mengedepankan pada penerjemahan suatu bahasa ke bahasa lain. Dalam metode ini terdapat sebuah aturan untuk lebih menggunakan kemampuan mengingat mahasiswa terhadap daftar vocabulary yang diajarkan. Dalam metode ini pengembangan kemampuan siswa dalam berbicara tidak terlalu ditonjolkan. 

     b.      Audio lingual method
Metode ini mengedepankan pada sebuah teori bahwa belajar merupakan sebuah hasil dari kebiasaan. Dalam metode ini pendidik lebih mengutamakan pembelajaran berbicara pada setiap situasi. Cirri khusus dalam metode ini adalah terdapat teknik ‘drill’. Sebagai contoh dalam sebuah pembelajaran bahasa, jika siswa akan diajarkan sebuah bahasa asing, para siswa tidak diberi kesempatan untuk mengetahui bentuk teks dari kata-kata yang diajarkan. Mereka hanya diperdengarkan bunyi pengucapan kata-kata bahasa yang diajarkan secara ekstensiv. Setelah itu baru mereka diperlihatkan bentuk teks dari bahasa yang diajarkan.

c.       Total Physical Response (TPR)
Metode ini merupakan metode yang banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa secara sederhana. Metode ini seringkali menggunakan perintah sederhana yang berkesinambungan dengan respon siswa yang kita ajar. Metode ini menekankan pada keutamaan siswa dalam pemahamannya mendengar perintah guru/pendidik.

d.      Silent Way
Sesuai namanya, dalam metode ini pendidik hanya menggunakan sedikit penjelasan ataupun keterangan mengenai sebuah materi yang diajarkan. Dalam metode ini siswa dituntut untuk dapat secara penuh terkontrol oleh apa yang guru ucapkan dengan tanpa menggunakan bahasa awal siswa.
Kategori Artikel

1 comment: